Semester 3

Kuliah ini memberikan pengertian mekanika fluida, sifat dasar dan karakteristik fluida. Keberadaan tekanan hidrostatik, dinamika fluida, konsep dasar aliran di dalam fluida dan saluran terbuka, serta memberikan pengertian tentang siklus hidrologi, neraca air dan komponennya, aliran permukaan dan metode perhitungan dan pengukuran menyangkut air permukaan serta implikasinya.

Memberikan pengetahuan tentang kegunaan, nilai, dan kebutuhan manusia akan mineral serta kaitannya dengan disiplin ilmu lainnya. Juga memberikan kemampuan untuk identifikasi dan klasifikasi kristal berdasarkan sifat morfologi (struktur luar) dan struktur dalam serta kemampuan identifikasi mineral secara megaskopis berdasarkan sifat morfologinya, sifat fisika dan sifat kimia. 

Kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman dasar mengenai tahap-tahap kegiatan pertambangan, jenis metode penambangan, dan penentuan metode penambangan. Kuliah ini memberikan pemahaman yang detail mengenai metode penambangan baik penambangan di permukaan maupun penambangan bawah tanah. Kuliah ini menjelaskan pertimbangan yang perlu dianalisis dalam menentukan metode penambangan yang paling baik untuk digunakan.