Paradigma dan Penerapan Kurikulum 2020 (MB-KM) di Prodi Teknik Pertambangan

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan kebijakan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Salah satu dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi.

Skema Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (Permendikbud No. 3 Tahun 2020)

Proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. 

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat.

Kampus ITERA menerapkan skema ini sesuai Surat Edaran Nomor B/317/IT.9.A/KR.00.01/2020 tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 di Institut Teknologi Sumatera. Berdasarkan arahan tersebut, berikut struktur Kurikulum 2020 Prodi Teknik Pertambangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *